Friday, April 27, 2007

Memahami Hakikat Pernikahan Dalam Islam

Pernikahan bisa dipahami sebagai akad untuk beribadah kepada Allah, akad untuk menegakkan syariat Allah, akad untuk membangun rumah tangga sakinah mawaddah wa rahmah.

Pernikahan juga akad untuk meninggalkan kemaksiatan, akad untuk saling mencintai karena Allah, akad untuk saling manghargai dan menghormati, akad untuk saling menerima apa adanya, akad untuk saling menguatkan keimanan, akad untuk saling membantu dan meringankan beban, akad untuk saling menasihati, akad untuk setia kepada pasangannya dalam suka dan duka, dalam kefakiran dan kekayaan, dalam sakit dan sehat.

Pernikahan berarti akad untuk meniti hari-hari dalam kebersamaan, akad untuk saling melindungi, akan untuk saling memberikan rasa aman, akad untuk saling mempercayai, akad untuk salinng menutupi aib, akad untuk saling mencurahkan perasaan, akad untuk berlomba menunaikan kewajiban, akad untuk saling memaafkan kesalahan, akad untuk tidak menyimpan dendam dan kemarahan, akad untuk tidak mengungkit-ungkit kelemahan, kekurangan dan kesalahan.

Pernikahan adalah akad untuk tidak melakukan pelanggaran, akad untuk tidak saling menyakiti badan, akad untuk lembut dalam perkataan, akad untuk santun dalam pergaulam, akad untuk indah dalam penampilan, akad untuk mesra dalam mengungkapkan keinginan, akad untuk saling mengembangkan potensi diri, akad untuk adanya saling keterbukaan yang melegakan, akad untuk saling menumpahkan kasih sayang, akad untuk saling merindukan, akad untuk tidak adanya pemaksaan kehendak, akad untuk tidak saling membiarkan, akad untuk tidak saling meninggalkan.
Pernikahan juga bermakna akad untuk menebarkan kebajikan, akad untuk mencetak generasi berkualitas, akad untuk siap menjadi bapak dan ibu bagi anak-anak, akad untuk membangun peradaban dan akad untuk untuk segala yang bernama kebaikan.

Dikutip dari Buku “Pernak-pernik Rumah Tangga Islami” Cahyadi Takariawan.

7 comments:

gitafh said...

jadi siap nikah ni bu? diem2 aja ga ada kabarnya, padahal dari UPK ke rumah tinggal sekali naik angkot :P

Anonymous said...

iyenk ku thayank... pa kabar euy? hehe.. iya deh, nanti kapan2 disempetin silaturahmi ke rumah lo. sekalian pengen nyobain masakan lo, kan lagi heboh belajar masak nih :) jangan balado telor mulu yenk hehe..

-mitatea-

Anonymous said...

ah mitaaaa..

doaku selalu menyertaimu ;)

Anonymous said...

setuju, yang mau nikah harus baca buku yang disebut itu tuh, biar dah da persiapan

Anonymous said...

ya tuh..?he intelek muslim pada baca buku-buku karya ilmuwan kita dong seperti m iqbal, sayyid qutub, ziaudin sardar, syarieti dan lainnya. ayoo kita membangun lagi peradaban islam.

agung said...

niche blog. blogroll please dengan http://software-komputer.blogspot.com -- blog tentang kumpulan ramuan herbal untuk berbagai macam penyakit, moga bermanfaat. thanks.

Putra Nasution said...

Kayaknya ada yang meng-khitbah nih, hehehe. Atau sudah berencana menikah dalam waktu dekat, mit? :)

Oh ya, salam kenal ya. Hehe