Monday, July 28, 2008

PAPUA…..

Siapa yang nyangka gw bakalan menginjakkan kaki ke pulau di ujung timur Indonesia ini. Dengan senang hati dan rasa khawatir yang besar dari suami dan keluarga akhirnya gw berangkat juga tugas di pedalaman Papua selama 6 bulan.

Pegunungan Tengah, itulah wilayah yang bakal gw datengin, sebenernya pengennya sih ke wilayah pantai, tapi ya udah deh, wong dapet tugasnya disitu..

Kabupaten Yahukimo, ayo, siapa yang familiar dengan nama kabupaten ini. Yahukimo merupakan salah satu kabupaten di Papua, ini adalah salah satu pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya . Kabupaten yahukimo ini baru ada sekitaran tahun 2002-2003. Secara belum ada di peta-peta gitu lho!! Letaknya di pegunungan tengah, tapi sebenernya punya wilayah yang dataran rendah juga, berbatasan dengan kabupaten Asmat.

Diawali dari perjalanan dari Jakarta ke Jayapura. Dibutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan menggunakan pesawat terbang seri boeing. Kebetulan pas gw transitnya dua kali yaitu di Makasar dan Manokwari. Dari Jayapura, gw harus naek lagi ke wamena. Wamena merupakan ibukota kabupaten Jayawijaya, gw harus naek pesawat yang lebih kecil lagi seri ATR gitu deh, yang penumpangnya bisa sekitar 30an.
Perjalanan belum selesai, dari wamena, gw harus naek pesawat lagi ke ibukota kabupaten Yahukimo, yaitu Dekai. Pesawatnya kecil, jenis pyllatus, chesna atau caravan, yang cuma bisa ngangkut 10-12orang, kapasitas brutonya dari mulai 500kg-1200kg. So, berat badan kita juga ngaruh banget loh…Kalo yang big-size, bisa-bisa cuma 4 loh penumpangnya.

to be continued...


2 comments:

Febriansyah Soebagio said...

Glad you reunion again with family.. Good experience and adventure.. Hope we can back there again to help Papuans

Indra dan Inten said...

wah enak yaaaa bisa keliling dunia dan daerah,,,, syang fotonya kok gak ada.?