Thursday, September 11, 2008

cerita ptt3

ada orang yang suka disuntik, ada yang anti. kalo gw?? ih takuuuuut. kadang pasien suka maksa ya, dok saya disuntik dong.. walah.. kalo bukan indikasi disuntik, kenapa juga harus disuntik. suntik itu kan ada resikonya, bukan sekedar pengobatan gitu aja, ada indikasi, efek samping, kontraindikasi dan sebagainya.

udah biasa deh kalo disini, hampir semua pasien minta suntik, yah gw sih suka nolak kalo ga ada indikasi.. and tuh pasien suka ngotot and bilang.. "kalo ga disuntik ga sembuh dok",, loh kan ada juga obat tablet, kapsul yang hasiatnya sama,, tapi mereka tetep ngotot.. mau dikasih penjelasan apapun tetep ngotot. gw bilang aja

gw : "emang bapa mau disuntik apa?"
bp : "lah yang dokter saya atau anda?"
gw : "nah itu dia, kalo menurut saya bapa ga usah disuntik"
bp : eh langsung ngeloyor keluar ruangan

di luar, bapa itu merobek kertas resep dan langsung pergi. suster bilang kenapa,, ya gw jelasin aja,,, beliau ngerti banget, soalnya banyak banget pasien yang modelnya kayak gitu. mungkin emang suntik bisa jadi sugesti bahwa dirinya sembuh atau tidak. tapi saya masih pegang teguh bahwa suntik itu harus atas indikasi dan beresiko tinggi, bisa jadi ada rekasi anafilaktik.