Tuesday, September 09, 2008

cerita ptt2

hari-hari pertama, kita kudu lapor dulu ke kepala dinas disana.. tapi berhubung lagi tugas luar, jadi masih nunggu beberapa hari lagi. kita dah orientasi sendiri sama dokter yang sudah bertugas disana.. tiap hari pasien bejibun bo.. pagi sekitar 20-40 orang dan malam sekitar 50-100 orang. dan 90% dari mereka semua itu terkena malaria. waaa... takutnya gw waktu itu.. secara hamil 2 bulan gitu loh..

kalo kata orang sana, orang yang masuk dekai, pasti kena yahukimo. belum afdol deh kalo ga kena. memang sih, 95% penduduknya udah kena malaria. waaaa.. tambah ngeri aja. tapi mantan kepala dinas kesehatan yang sekarang menjabat di kantor bupati bilang, kalo ga mau kena, makan harus teratur, dan pake repellant di waktu2 nyamuk anopeles menggigit. ya udah deh, gw bakal taatin banget tuh tips.

gw liat pasiennya, hmm.. 80% orang papua asli, tapi dah berbaju loh.. tapi sebagian besar yang beralas kaki hehehe.. mereka lebih milih dateng ke puskesmas malam karena kalo siang panas.. gitu katanya.

puskesmas disini ada perawatan. bisa nampung sekitar 50 orang, and hampir tiap hari tuh perawatan penuh sama pasien2 malaria yang mual-muntah terus, mpe ga bisa masuk makanan, and yang udah parah...

pertama kita kenalan dulu ma staff disana. terus orientasi ruangan, obat, dll. deuh, obat malaria bejibun deh.. pertama bingung, coz di jawa belum pernah ketemu pasien malaria.

No comments: