Monday, September 08, 2008

cerita ptt1

malam pertama di jayapura.. lagi hamil 12 minggu nih.. mencekam... abis ada gosip tentang tragedi uncen berdarah lah, tentang opm lah. heboh aja bareng room-mate; inggar dan icut. sambil ngoceh-ngoceh, mimpi apaan yak gw ke sini atau, gw kesambet setan apaan yak ampe milih lokasi di papua.

malam, kedua, ketiga, masih di jayapura, sampai akhirnya kita harus ke kabupaten masing-masing. berpisahlah rombongan bandung ini. untungnya gw udah ketemu ma anak-anak yang sekabupaten ma gw. ada berlima. lengkap semua. 1 orang dari bandung, 2 orang dari jakarta, dan satu lagi dari makasar.

berangkatlah kita subuh2 ke bandara sentani, naek pesawat trigana ke wamena. bawaan kita? jgn ditanya deh,, ada yang bawa rice cooker, setrika, lampu, palu, paku, obeng dll. abis tuh, di wamena, ada dari makasar juga yang menjemput, dia tugas dsana,, kita sih harus langsung ke yahukimo naek susi air.. buset dah, mahal amat, untuk perjalanan hanya 40 menit, bayarnya 1,2 jt bo. mana bagasi cuma untuk 10 kg, extranya bayar lagi deh 13500 per kg. mungkin karena pilotnya bule juga kali ya.. hehe..import bo!!

gw sih dah membayangkan seburuk-buruknya tempat dan lokasi deh (biar kagak kecewa maksudnya) tapi pas nyampe, wah alhamdulillah, ga separah yang dibayangin.

ibukota yahukimo adalah dekai. dekai itu ada di tengah-tengah pegunungan, tapi dekai itu merupakan dataran rendah. jadi panassssss banget. heran deh, padahal sejauh mata memandang keliatan ada gunung. dekai merupakan hutan, lahan yang baru dibuka sekitar 7x8 km, tanpa akses darat menuju ke dekai (ada sih cuma jalan setapak, kagak bisa lewat sepeda, motor apalagi mobil huhuhu...)

jadi di lahan yang luasnya masih sekitar 56km2, yang ada satu SD, satu SMP,SMA and cabang beberapa jurusan dari uncen, kyk UT gitu..

karena akomodasi masih terbatas, secara kalo mau bangun, alat2 yang diangkut harus pake heli, ada sih lewat sungai, dari timika, tapi kalo lagi surut, kapalnya ga bisa jalan. jadi masih mahal banget, kita tinggal di rumah dinas kesehatan sebelahan sama puskesmas,, rumahnya ada 3 kamar, 1 ditempati oleh sekda3, 1 oleh keluarga perawat, dan 1 lagi buat kita para dokter dan suster..

1 comment:

Idiotieque said...

salute banget buat pengabdian ibu...